Keistimewaan gunung bromo

Walaupun agak telat, saya akan mengulas apa saja keistimewaan dari gunung bromo ini. Siapa tahu mungkin ada yang belum kenal atau belum mengerti tentang gunung yang satu ini. Gunung Bromo yang terletak di Indonesia dan tepatnya di Jawa Timur. Wisata alam yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di timur kota Malang, Jawa Timur. Pengunjungnya bukan hanya wisatawan lokal, banyak pengunjung yang datang dari luar negeri. Dengan pemandangan yang khas dari Gunung Bromo membuat layak menjadi tujuan wisata. Tempat ini selalu ramai menjadi tujuan wisata karena gunung ini memiliki eksotisme alam yang sangat menarik, salah satunya adalah lautan pasir yang luas. Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut terletak di empat wilayah, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Keistimewaan gunung bromo


Salah satu yang membuat pemandangan begitu menakjubkan adalah lautan pasir berada di pegunungan sekitar 10 m2, sehingga banyak wisatawan lokal dan asing yang melakukan perjalanan sengaja untuk menikmati keindahan alam ini. Sejarah Gunung Bromo begitu lama, itu mungkin terkait dalam grafiti sederhana. Tapi singkatnya, nama berasal dari sansakerta Bromo yang berarti Brahma (salah satu dewa Hindu), karena mayoritas Indonesia pada waktu itu adalah Hindu. Gunung Bromo telah meletus puluhan kali. 

Apa saja keistimewaan dari Gunung Bromo? 


Selesai menyaksikan matahari terbit, Anda dapat menuruni gunung dan menuju Pananjakan Gunung Bromo. Sinar matahari dapat membuat Anda melihat pemandangan di sekitar. Begitu sampai di kaki gunung Anda akan melewati lautan pasir yang luasnya 10 km ². daerah kering yang diisi dengan pasir dan tertutup hanya beberapa rumput kering. Embusan angin, membuat debu pasir yang bikin sulit untuk bernapas. 

Untuk mencapai kaki Gunung Bromo, Anda tidak dapat menggunakan kendaraan. Sebaliknya, Anda harus menyewa kuda dengan harga Rp 70.000, - atau bila Anda merasa kuat, Anda dapat memilih untuk berjalan. Namun, perlu dicatat bahwa berjalan tidak mudah, karena panas matahari, jarak jauh, debu yang berterbangan dapat membuat perjalanan semakin sulit. Bahkan ketika di pagi hari suhu bisa mencapai 10 derajat ke 0 derajat Celcius . Jadi, Anda harus mempersiapkan pakaian dingin, topi beanie, sarung tangan, kaus kaki, syal untuk mengatasinya. Tapi, jika Anda lupa tentang peralatan, ada banyak toko-toko vendor yang menawarkan barang-barang dalam bentuk topi, sarung tangan, atau syal.

gunung bromo


Sekarang, Anda harus menaiki tangga yang jumlahnya mencapai 250 anak tangga untuk dapat melihat kawah Gunung Bromo. Tinggi puncak gunung Bromo adalah 2.392 m di atas permukaan laut, Anda juga dapat melihat kawah Gunung Bromo yang berasap. Jika Anda mengalihkan pandangan ke bawah, anda akan melihat lautan pasir dan kuil di tengah-tengahnya. Ini benar-benar sangat langka dan tidak biasa, yang kita nikmati. 

Sampai di atas, ada banyak toko yang menyediakan kopi atau teh dan api untuk menghangatkan diri sambil menunggu tebitnya matahari. Ada juga toko-toko yang menyewakan pakaian hangat. Menyaksikan matahari terbit adalah sebuah peristiwa menarik. Buktinya, para pengunjung rela menunggu sejak pukul 5:00 wib dengan menghadap ke timur agar tidak kehilangan momen ini. Anda tidak selalu bisa melihat peristiwa ini, karena langit berawan, kemunculan matahari ini tidak terlihat secara jelas. Namun, ketika langit cerah, Anda dapat melihat bulatan matahari yang pertama hanya sebuah bulatan kecil, perlahan-lahan membesar dan akhirnya membentuk sebuah lingkaran lengkap dan karena sinar matahari ini kita dapat melihat pemandangan pegunungan di wilayah ini. Antara lain, Gunung Bromo, Gunung Batok, atau Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa. 

Untuk melihat sunrise, Anda harus menaiki Gunung Pananjakan yang merupakan gunung tertinggi di kawasan ini. Medan kasar dan bergelombang adalah jalan harus dilalui untuk menuju ke Pananjakan Gunung. Untuk mencapai kaki Pananjakan Gunung, Anda harus melalui daerah gurun. Ketika saya harus menaiki Pananjakan Gunung, jalan yang sempit dan banyak tikungan tajam, tentu membutuhkan ketrampilan menyetir yang tinggi. Oleh karena itu, banyak pengunjung memilih untuk menyewa mobil hardto (jenis jeep) yang dikemudikan oleh masyarakat. Komunitas ini berasal dari suku Tengger yang ramah dengan pengunjung.

Rute

Rute ke Gunung Bromo dari Surabaya

Akses paling mudah adalah melalui kota besar Seperti Surabaya, jika Anda berasal dari Jakarta ataupun Bandung atau dimana saja Anda berada, bisa menuju kota Surabaya terlebih dahulu dengan mengunakan Pesawat / Kereta Api / Bus. Setelah Anda sampai di Surabaya, carilah terminal Purbaya, namun orang surabaya lebih suka menyebutnya dengan nama Terminal Bungurasih dan mencari bus yang mengarah ke kota Probolinggo.

Setelah sampai, Anda dapat mencari rental mobil untuk dapat mencapai Gunung Bromo, karena tidak ada angkutan umum yang menuju Gunung Bromo. rekomendasi dari yoshiewafa, yang dekat dengan Terminal Probolinggo adalah Abadi Tour & Travel Bromo Executive dengan alamat dan kontak seperti yang sudah saya tuliskan di atas.

Rute Gunung Bromo dari Malang

Malang merupakan kota terbesar ke dua di propinsi Jawa Timur, selain dari kota Surabaya, Anda juga dapat mengaksesnya dari kota Malang. Dengan rute bus Malang - Pasuruan - Probolinggo.

Masih bingung jika harus naik Bus? solusinya adalah membeli Paket wisata Bromo yang siap menjemput Anda dari Bandara / Stasiun / Terminal yang berada di Malang atau Surabaya dan bisa memberikan Anda informasi lebih jelas mengenai wisata Bromo. Akan tetapi tips wisata ke Gunung Bromo akan Anda butuhkan. Rencanakan liburan Anda jauh-jauh hari dan jangan dadakan karena di Gunung Bromo cukup sulit untuk mencari hotel yang kosong, terutama waktu hari libur.

Lokasi

Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur

No comments:

Post a Comment