Desa Ngerong Gempol Pasuruan

Desa Ngerong merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, jarak dari ibu kota Kecamatan ± 5km, jarak dari ibu kota Kabupaten Pasuruan ± 36 km. Seacara Administratif Desa Ngerong terletak di wilayah jalur utama yang menghubungkan Surabaya - Malang tepatnya berada di Kilometer 40 dibatasi oleh wilayah desa-desa dan dusun-dusun tetangga. 

Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Ngetal Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kepulungan dan Desa Randupitu Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa jembrung kecamatan gempol kabupaten pasuruan. Di sebelah timur berbatasan dengan Desa Babat Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan.
Jarak tempuh Desa Ngerong ke Ibu Kota Kecamatan adalah 5 km yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar ± 15 menit. Sedangkan jarak tempuh ke Ibu kota Kabupaten adalah 36 km, yang dapat di tempuh dengan waktu sekitar 1 jam.

Desa Ngerong membawahi beberapa dusun, diantaranya :

Dusun ngerong

dusun kecicang

dusun karangploso

dusun mojorejo

dusun keboireng

dusun ngingas

dusun putat

dusun kedanten

dan dusun payaman

Dahulu Desa NGerong merupakan kawasan jalur hijau bahkan jadi wilayah percontohan untuk kecamatan gempol. Disebelah kanan dan kiri sepanjang jalur utama surabaya - malang terhampar luas persawahan yang hijau sebagai mata pencaharian warga sekitar, tapi sejak tahun 2000-an desa ngerong berubah manjadi kawasan industri.

No comments:

Post a Comment