Cara agar tidak grogi saat berpidato

Cara agar tidak grogi saat berpidato
Perasaan grogi ketika akan berpidato/berbicara di depan umum merupakan hal yang lumrah apalagi jika anda belum pernah sama sekali berpidato atau berbicara di hadapan publik. Meskipun Anda mungkin tidak menganggap diri Anda sebagai pembicara publik , tapi kita semua memiliki saat-saat ketika kita perlu untuk berbicara dan didengar di hadapan masyarakat kita. 

Jika penyakit grogi sudah merasuki pikiran anda, maka semua kata-kata yang ingin ada sampaikan yang sudah anda susun dipikiran akan menjadi berantakan, ngomong jadi belepotan seperti orang bingung saja.

Untuk itu pada postingan ini, saya akan membahas beberapa tips agar tidak grogi atau gugup pada saaat berpidato atau berbicara di depan umum atau kelompok:

Cara agar tidak grogi saat berpidato



Tips # 1: Latihan untuk Tetap Tenang

Jika Anda akan berbicara di depan orang banyak, rencanakan latihan fisik yang baik pada hari sebelumnya. Cukup dengan berjalan cepat saja dapat benar-benar membantu. Menurut para peneliti di Mayo Clinic, olahraga dapat mengurangi kecemasan dengan melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik. Olahraga juga meningkatkan suhu tubuh, yang dapat memiliki efek menenangkan.

Mengalihkan perhatian Anda dari kekhawatiran Anda dan membantu Anda merasa lebih percaya diri. Bahkan interaksi sosial dengan tersenyum pada seseorang saat Anda berjalan dan menyapa seseorang dapat membantu menurunkan rasa cemas anda.


Tips # 2: Coba lihat gambar, visualisasikan, dan tertawa Sebelum Anda berpidato

Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita grogi dan gugup sampai sebelum giliran untuk berbicara. Jika Anda pada posisi seperti ini, coba arahkan pandangan keluar, Anda dapat mencoba metode seperti melihat sebuah foto bayi, tersenyum lebar, mengatakan kepada diri sendiri lelucon atau mengambil napas dalam-dalam. Gunakan otak Anda untuk menenangkan diri. Coba visualisasikan, bernapas dalam-dalam . Menjaga senyum di wajah Anda dan mencoba untuk terlihat santai.

Jika Anda menggunakan metode ini, rencana berikutnya adalah Membuat skenario visualisasi Anda (menurut saya ini juga dibutuhkan). Bayangkan diri Anda berjalan ke podium, tersenyum dengan tenang saat membacakan pidato Anda, dan kemudian memvisualisasikan hasil yang Anda inginkan sesudahnya, misalkan ada orang datang dengan sukarela sekedar untuk mengucapkan selamat atas pidato yang penuh gairah kepada Anda. bisa juga anda membawa daftar lelucon dan beberapa gambar yang membuat Anda tersenyum.

Tips # 3: Lakukan Perubahan untuk Calm Down Selama Pidato

Apakah Anda pernah merasa gugup atau grogi yang berlebihan tepat di tengah-tengah pidato atau prensetasi? Ketika pertama kali saya berpidato di depan umum, saat saya berada di tengah-tengah pidato, dan kaki saya mulai bergetar. Saya tidak yakin apa yang terjadi pada waktu itu, tapi bagi saya kaki serasa kaku dikarenakan grogi yang tak terkendali. Aku tidak tahu apa yang harus dilakukan, jadi saya menderita gara-gara grogi ini.

Pada saat posisi anda seperti diatas ada baiknya untuk mengambil beberapa napas dalam-dalam dengan cepat, atau cari tempat untuk berhenti sejenak, dan cobalah untuk tetap tersenyum. Lebih baik untuk mengambil kedua duanya daripada membiarkan gejala grogi semakin menjadi. Ambil napas dalam-dalam, ubah posisi Anda, fokus pada penonton di depan mata, dan jika ada kesempatan yang tepat, buat lelucon kecil yang memungkinkan Anda dan penonton tertawa sehingga dapat mengalihkan perhatian penonton dari Anda.

Tips # 4: Merangkul Energi

energi saraf tidak selalu hal yang buruk. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa stres yang baik membantu kita fokus dan membantu kita berpikir lebih jernih. Mendapatkan memompa darah mempertajam indra perasa Anda, membuat Anda lebih menyadari apa yang terjadi di sekitar Anda. Menggunakan energi ekstra untuk melibatkan audiens Anda, dan untuk menunjukkan gairah Anda. Mengubah energi negatif menjadi energi positif dan audiens Anda akan duduk dan memperhatikan. Mereka akan lebih bersemangat untuk berinteraksi dengan Anda. 

Tips # 5: Persiapkan pidato anda jauh-jauh hari sebelum hari H-nya

jika Anda tidak mempersiapkan pidato Anda terlebih dahulu, Anda akan berakhir stres dan cemas. Pastikan Anda tahu apa yang akan Anda katakan. Kemudian, praktek. Berlatih kata-kata pertama Anda kemudian lanjutkan ke bagian lain sehingga Anda dapat bersantai dan fokus pada penonton bukan diri Anda sendiri.

Berlatihlah pidato secara kecil-kecilan, misalkan anda bisa meminta tolong padak seorang teman atau anggota keluarga untuk menjadi audiens Anda. Bisa juga berlatih dengan merekam video diri sendiri dan melihat rekaman anda tadi agar dapat mengetahui letak kekurangannya. Jangan biarkan presentasi publik Anda atau pidato pertama kali anda menjadi kaku. Pada saat Anda memberikan pidato, Anda harus nyaman dan santai.

Tips # 6: Lawan rasa malu

Malu adalah alasan terbesar yang membuat Anda takut berbicara di depan orang banyak. Oleh karena itu, lawan atau atasi rasa malu itu dengan menganggap semua orang sama. Tidak peduli jabatan orang yang ada di depan Anda, bicaralah sesuai konteks dan hal-hal yang ingin Anda sampaikan.

Ingat, hadirin yang ada di depan Anda adalah manusia juga. Mereka makan nasi, minum air, dan sebagainya. Persis seperti yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, mengapa malu berbicara kepada mereka?

Trik lain untuk menghilangkan rasa malu adalah dengan menganggap hadirin adalah teman-teman Anda. Dengan demikian, Anda merasa santai berbicara di depan mereka. Sekalipun Anda salah berbicara, itu hal biasa karena mereka adalah teman-teman Anda yang akan memaklumi bahwa Anda sedang belajar berbicara di depan umum.

Tips # 6: Berbicara dengan gaya Anda sendiri

Berbicaralah dengan gaya Anda sendiri. Jangan meniru gaya bicara orang lain karena Anda akan menjadi orang lain, bukan diri Anda yang sebenarnya. Dengan kata lain, berbicaralah secara santai, sopan, dan menarik ala Anda sehingga suasana menjadi kondusif dan impresif.

Kesimpulan

semua orang pasti memiliki perasaan cemas dan grogi sebelum berpidato. Gunakan teknik ini untuk menenangkan saraf Anda dan jangan biarkan kecemasan menghentikan anda untuk berbicara di depan umum. Itulah sedikit tips agar tidak grogi ketika anda berpidato di depan orang banyak.

No comments:

Post a Comment