Wisata air terjun tretes pandaan pasuruan

Sebenarnya ada 2 lokasi wisata air terjun di kawasan tretes, yaitu air terjun putuk truno dan air terjun kakek bodo. Selain wisata alam air terjun, banyak obyek wisata serta fasilitas yang memadai yang terdapat di pandaan tepatnya di Tretes tentunya tretes sangat ideal menjadi salah satu tujuan wisata keluarga. Kawasan Tretes telah ditetapkan sebagai kawasan wisata sejak tahun 1975, dasar Penetapan dan Luas Kawasan Tretes ditetapkan sebagai Kawasan Wisata Tretes dengan SK. Menteri Pertanian No.425/Kpts/Um/10/1975, tanggal 23 Okteber 1975, seluas 10 Ha.

Kawasan wisata Tretes yang selalu ramai dikunjungi terlebih saat akhir pekan, memiliki panorama yang menarik, udara sejuk dan hijaunya hutan menjadi pemandangan yang sangat akrab kita jumpai, dan ketika memasuki malam hari kita akan dimanjakan dengan gemerlap lampu dari dataran yang lebih rendah seperti Pandaan, Bangil, Gempol, Sukorejo dan sekitarnya yang menambah suasana romantis. Dibawah ini ada ulasan tentang kedua air terjun tersebut.

1. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno
Air Terjun Putuk Truno memiliki ketinggian air sekitar 45 m dan berada kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Air Terjun berada kawasan wisata Tretes dan berjarak hanya sekitar 400 m dari Air Terjun Kakek Bodo.

Konon, nama air terjun ini diambil dari mitos seseorang yang bernama Joko Truno, seseorang yang bertapa disekitar lokasi air terjun hingga menjelma menjadi ular (Putuk).

Berjarak sekitar 55 km ke arah selatan kota Surabaya. Dari pintu masuk utama yang berada di jalan Putuk Truno Pringgen, sekitar 500 m dari jalan raya Pandaan – Tretes. Kondisi jalan ini menanjak hingga menuju pos masuk. selanjutnya dari pos masuk ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni jalan setapak kurang lebih 300 m hingga mencapai lokasi air terjun. Jalan setapak ini sudah dibeton dan dibuatkan undak-undak hingga memudahkan pengunjung datang.

2. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo
Air terjun kakek bodo ini berada di kawasan wisata Tretes di lereng Gunung Welirang di pegunungan Prigen, Jawa Timur, tepatnya dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan. Air Terjun Kakek Bodo berada di ketinggian 850 m dpl dan memiliki terjunan air sekitar 40 m.

Kakek Bodo, salah satu wisata yang masih asri di Tretes, pegunungan Prigen, Jawa Timur. Bagi yang suka berpetualang, wisata Kakek Bodo akan memberi beragam pesona alam yang cukup menarik.

Fasilitas yang tersedia antara lain shelter, tempat bermain anak-anak, musholla dan warung-warung kecil penjaja makanan. Juga terdapat kolam renang dengan tiket masuk sebesar Rp 5000,- /orang, dan bumi perkemahan.

Hotel dan akomodasi

Untuk transaportasi, anda bisa menggunakan sepeda motor, angkutan umum atau mobil pribadi, tapi hati-hati untuk mencapai kawasan kedua air terjun tersebut jalannya sedikit berliku-liku dan sedikit tajam untuk naik turunnya.

Di lokasi wisata Tretes ini nanyak terdapat hotel dan vila-vila yang disewakan untuk menginap. Hotel dan akomodasi yang terkenal di kawasan tretes adalah: Hotel Tretes Raya (****), Hotel Surya and Cottages (Gudang Garam Grup, ****), Hotel Inna Bath Tretes (Inna Grup, ***), Hotel Royal Tretes View (***), Hotel Royal Senyiur - The Boutique Hotel (*****), Hotel Tanjung, Hotel Kalimas, Hotel Liemas, Finna Golf and country club resort (*****), Hotel Dirgahayu serta villa yang banyak tersebar di kawasan tretes.

No comments:

Post a Comment